Selasa, 21 Mei 2013

jurusanku..:)


Saya Handariatul Masruroh, biasa dipanggil Handa. Saya adalah  mahasiswa dari Universitas JemberSaya  Handariatul Masruroh, biasa dipanggil handa. Saya adalah mahasiswi dari Universitas Jember angkatan 2012. Universitas Jember merupakan satu-satunya universitas negeri di kabupaten Jember. Universitas Jember atau yang sering disingkat UNEJ memiliki julukan Green Campus. Julukan ini dberikan kepada UNEJ karena UNEJ memiliki kampus kampus dengan lingkungan hijau  yang penuh dengan pepohonan sehingga kegiatan akademik menjadi sejuk dan rileks. Unej memiliki 15 fakultas, dari 15 fakultas tersebut FMIPA menjadi pilihan saya. FMIPA UNEJ memiliki 4 jurusan, yaitu jurusan matematika, biologi, fisika, dan kimia. Saya masuk di jurusan kimia. berikut ini akan dijelaskan secara singkat sejarah jurusan kimia FMIPA UNEJ.

Sejarah Singkat Jurusan Kimia FMIPA UNEJ
Jurusan Kimia merupakan salah satu Jurusan pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Jember. Embrio Jurusan Kimia dimulai dengan didirikannya Laboratorium Kimia Dasar di bawah Unit Pelaksana Teknis MIPA (UPT MIPA) sejak tahun 1993. Laboratorium Kimia Dasar bertugas melayani kegiatan praktikum untuk mahasiswa Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Program Studi Kedokteran Gigi (PSKG) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Kegiatan operasional Jurusan dibidang akademik dimulai sejak tahun akademik 1997/1998 dengan status Program Studi, yang pada saat itu di bawah naungan PSMIPA, dengan menggunakan kurikulum yang disusun bersama antara PS Kimia dengan Tim Konsorsium PS Kimia di bawah Koordinasi Prof. Dr. Ami Suwandi dari PS Kimia Unair melalui kegiatan technical assistance Development for Undergraduate Education Project (DUE Project). Bantuan tenaga ahli dilanjutkan melalui Proyek Pengembangan Sebelas Lembaga Pendidikan Tinggi (P2SLPT) ADB Loan No. 1253-INO, untuk bidang kimia dikoordinasikan oleh Prof. Dr. Susanto Imam Rahayu dari Jurusan Kimia FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB).
Sejak Tahun Akademik 1997/1998 Program Studi Kimia disamping melaksanakan kegiatan akademik untuk mahasiswa Program Studi Kimia sendiri, juga melaksanakan kegiatan layanan untuk mahasiswa tahun pertama dalam bentuk Resource Sharing untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan kegiatan layanan untuk mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD).
Mahasiswa tahun pertama yang dibina berjumlah 25 orang, diseleksi secara mandiri. Baru pada tahun akademik 1998/1999 JURUSAN Kimia menerima mahasiswa baru yang diseleksi melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) dan Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK). Jumlah Staf Dosen pada tahun 1997/1998 berjumlah 11 orang, sedangkan pada tahun akademik 2000/2001 berjumlah 20 orang. Pada tahun 2001, Program Studi Kimia Universitas Jember berubah status menjadi PS Kimia secara resmi dari Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 95/DIKTI/Kep/2001 tanggal 16 April 2001.
Berdasarkan hasil evaluasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), sejak 1 Juni 2006, JURUSAN Kimia telah terakreditasi pada peringkat B dengan sertifikat BAN PT No. 08666/Ak-X-S1-004/UJXKHM/VI/2006.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar